Penulis dan traveling? Ini seperti dua hal yang sangat berbeda dan sulit digabungkan, begitu kira-kira pemikiran orang awam. Dengan alasan akan sulit untuk menulis seperti kamu sedang berada dalam perjalanan. Bukan seperti itu, penulis dan traveling bisa menjadi satu kesatuan yang kemudian lebih dikenal dengan istilah travel writer atau penulis perjalanan. Mereka menuliskan perjalanan dalam berbagai bentuk tulisan mulai dari review, tips, itinerary hingga cerita yang panjang lebar dan sangat lengkap dari titik A sampai B. tulisan ini didokumentasi baik dalam bentuk hard copy seperti misalnya berupa buku, novel atau juga mungkin diterbitkan di surat kabar. Sementara beberapa lainya lebih memilih untuk mempublikasikannya melalui website atau blog yang kemudian dikenal sebagai travel blogger. Ini nih yang beberapa waktu belakangan ini sedang ngetrend dan banyak diminati, yaitu travel blogger.
Banyak sekali orang yang tertarik untuk menuliskan cerita perjalanan mereka, terutama sekali mereka yang senang melakukan perjalanan dan sekaligus juga memiliki hobi menulis. Tidak peduli apakah perjalanan dilakukan secara solo, beramai-ramai atau bahkan menggunakan jasa paket tour sekalipun semuanya bisa. Saat ini banyak orang yang hanya fokus untuk menuliskan perjalanan wisata, misalnya ketika ia melakukan perjalanan ke sebuah tempat wisata baik dalam maupun luar negeri. tapi sebenarnya travel writer itu lebih dari sekedar perjalanan wisata. Tujuan traveling sendiri kan memang sangat luas seperti misalnya untuk tujuan bisnis, wisata, religi dan perdagangan atau lainnya. sebenarnya, wisata hanyalah satu diantara sekian banyak tujuan traveling, bukan satu-satunya apalagi sebuah kemestian bahwa kalau traveling itu harus ke objek wisata. Jadi kalau kamu ingin menjadi seorang travel writer, kamu tidak harus memetakan perjalanan wisata kamu. Karena pada dasarnya semua perjalanan atau perpindahan dari titik awak ke titik akhir itu saja sudah bisa dikatakan sebagai traveling.
Memang perjalanan wisata selalu menarik perhatian, apalagi jika tempat-tempat yang dikunjungi adalah tempat yang baru dan ngehits. Tapi sebenarnya bukan hanya paket wisata saja yang bisa dikemas dengan menarik, karena semua jenis perjalanan yang kamu lakukan juga bisa menjadi bahan tulisan, terutama jika memang banyak hal menarik yang ada di dalamnya dan kamu juga memiliki kemampuan untuk mengemas cerita dalam sebuah tulisan yang apik. Jika demikian, maka bisa dipastikan kamu akan menjadi seorang penulis perjalanan yang sukses. Penting untuk kamu ketahui bahwa penulis perjalanan bukan hanya merupakan hobi, sebab jika ditekuni dengan baik ini juga bisa menjadi sumber penghasilan kamu. Bisa kamu lihat beberapa orang yang telah sukses menjadi seorang penulis perjalanan yang bahkan penghasilan mereka sudah sangat fantastis hanya mengandalkan tulisan perjalanan mereka saja. Jadi, kalau mereka bisa, kenapa kamu tidak?
Setiap orang memiliki alasan yang berbeda kenapa ia ingin menjadi seorang penulis perjalanan, misalnya saja karena memang mereka senang menulis dan sering atau selalu melakukan perjalanan paket liburan. Beberapa orang juga mungkin ingin menjadi penulis perjalanan karena termotivasi oleh para penulis perjalanan yang sukses dengan penghasilan yang fantastis. Sementara beberapa lainnya mungkin ingin mengabadikan momen dan membuat sejarah dengan menulis setiap perjalanan mereka. Sebenarnya, apapun alasan atau tujuan kamu ingin menjadi seorang penulis perjlanan ini bisa dibenarkan, selama kamu juga memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk bisa menjadi seorang penulis perjalanan yang hebat dan bukan hanya ikut-ikutan atau terbawa arus saja.
Untuk bisa menjadi seorang penulis perjalanan yang hebat dan sukses memang tidak mudah, sehingga banyak kemudian yang menyerah sebelum mencapai titik tujuan. Secara umum, tugas seorang tavel writer ini bisa dibagi menjadi beberapa part seperti diantaranya adalah berlatih menulis, berlatih memotret, posting di Blog atau media social, kirim ke Media dan buat portofolio. Sebaiknya gunakan portfolio untuk menjual diri dan yang paling penting adalah menjaga konsistensi dalam menulis dan melakukan inovasi. Menjadi seorang penulis memang tidak bisa dipaksakan. Kalau ini tidak keluar dari hati dan passion kamu, pasti akan sangat sulit untuk bisa mewujudkan keinginan menjadi seorang travel writer yang sukses dan hebat.
Meskipun ketika menjadi seorang penulis berarti bahwa kamu menciptakan dan menyediakan materi atau bahan bacaan kepada para target pembaca, namun ini bukan berarti bahwa sebagai penulis kamu tidak perlu lagi membaca. Justru untuk bisa menjadi seorang penulis yang hebat kamu harus banyak membaca. Banyak membaca terutama tulisan-tulisan yang berkaitan dengan konsep tulisan kamu misalnya rajin mengunjungi blog travel, membaca novel atau buku traveling, membaca surat kabar atau majal dan sebagainya. tujuannya tidak hanya untuk menambah wawasan atau pengetahuan kamu saja, tetapi juga untuk mempelajari bagaimana masing-masing gaya bahasa dari setiap penulis. Kamu akan mendapati bahwa seorang travel writer yang professional pastinya memiliki gaya penulisan tersendiri yang berbeda antara satu dengan lainnya. nah, ini juga merupakan tugas kamu dimana jika kamu ingin menjadi seorang penulis perjalanan yang hebat, kamu juga harus menemukan dan memiliki gaya penulisan tersendiri.
Travel writer bukan hanya tentang menulis, tetapi kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan photography. Karena selain tulisan, gambar juga merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh seorang penulis perjalanan. Gambar harus disertakan di setiap tulisan untuk menegaskan tulisan dan membuatnya semakin menarik. karena itu kemampuan photography juga penting untuk kamu miliki. Tapi tidak perlu khawatir bahwa kamu akan dituntut untuk menjadi seorang photographer professional dan memiliki kamera yang mahal dan canggih. Tidak seperti itu, meskipun yang demikian itu juga merupakan nilai tambah. Hal minimal yang harus kamu miliki berkaitan dengan photography ini adalah memiliki kamera baik DSLR maupun camera smartphone yang mampu menghasilkan gambar jernih serta kemampuan mengambil angle yang tepat. sehingga kamu bisa menghasilkan gambar yang bagus.
Untuk bisa menghasilkan tulisan yang bagus, ada beberapa hal yang harus perhatikan diantaranya adalah menyampaikan setiap cerita perjalanan kamu dengan bahasa yang menyenangkan dan juga mudah dipahami. Ini artinya kamu tidak boleh menulis dengan bertele-tele, menggunakan gaya bahasa yang kaku atau terlalu formal sebagaimana bahasa artikel formal, memiliki data dan informasi yang lengkap dan akurat serta fokus pada tema atau tulisan yang artinya pembahasan tidak boleh terlalu melebar dan justru menyampaikan hal-hal yang kurang penting atau tidak berkaitan dengan topic yang ingin disampaikan. Yang paling penting harus kamu lakukan untuk bisa menghasilkan tulisan yang bernilai adalah membuat closing atau penutup yang keren. jangan sampai closing dari tulisan kamu justru hambar, karena ini akan berhasil untuk meninggalkan kesan apapun bagi para pembaca.
Kesimpulannya adalah bahwa untuk bisa menjadi seorang penulis perjalanan yang sukses dan hebat, kamu harus mampu menghasilkan tulisan yang keren dan didukung dengan gambar-gambar eye catching serta menjaga konsistensi untuk terus menulis tentunya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s